BAGAIMANA SUKSES DALAM BERKOMUNIKASI?

Kunci sukses dalam berkomunikasi adalah sebagai berikut :

  1. Pahami gagasan yang akan disampaikan sehingga tujuan berkomunikasi anda jelas.
  2. Kenali sasaran bicara anda.

Kenali karakteristik pribadi sasaran, khususnya yang berkaitan dengan kemunginan hambatan komunikasi, seperti kemampuan berbahasa, kemampuan menangkap pembicaraan, dan latar belakang pengalaman.

  1. Akui kekurangan anda

Jangan malu mengatakan kelemahan atau kekurangan anda. Katakan tidak tahu jika anda memang tidak tahu, jangan pura-pura tahu. Dengan bersikap seperti itu anda malah akan dihormati dan sekaligus dimaklumi. Tetapi jangan juga merendahkan diri secara berlebihan.

  1. Sesuaikan kalimat yang digunakan dengan pendengar anda.

Tujuannya agar mudah dimengerti. Hindari penggunaan kata-kata yang rumit dan berbelit-belit. Secara umum berbicaralah sederhana dan jelas.

  1. Sabarlah dengan respon teman bicara anda

Kecepatan orang berpikir dan menganalisa berbeda, karena itu jangan menjadi tidak sabar kalau oprang bereaksi lambat.

  1. Bersikaplah tenggang rasa.

Tempatkan diri anda di pihak sasaran. Cobalah pahami pikiran-pikiran serta perasaannya. Jangan memotong pembicaraan, mengejar atau menyelidiki jawaban. Usahakan lebih banyak mendengar daripada berbicara.

  1. Mengontrol suara, sikap dan emosi anda.

Orang tidak hanya mendengar apa yang anda ucapkan, tetapi juga memperhatikan bagaimana anda mengucapkannya. Karena itu rendahkan suara anda, berbicara tenang, jelas dan ramah. Sesuaikan ekspresi dan sikap anda dengan ucapan anda, dan jangan terpancing emosi menjadi marah atau kasar.

  1. Perhatikan reaksi non verbal sasaran.

Perasaan seseorang biasanya lebih banyak tercermin di dalam reaksi non verbalnya ketimbang reaksi verbalnya. Reaksi non berbal tidak terbatas pada mimik wajah dan gerak tubuh, tetapi juga pada tekanan kata, tinggi rendah dan kecepatan suara.

  1. Jaga keakuratan informasi anda.

Bila anda mengutip pernyataan seseorang atau menyampaikan informasi yang anda dengar dari pihak ketiga, jaga keakuratannya, jangan menambah-nambahi data. Bila anda tidak yakin, katakan dengan jujur bahwa anda tidak yakin.

  1. Kuasai permasalahan

Pelajari dengan baik permasalahan yang akan anda diskusikan. Jangan berusaha sok tahu dan menyatakan sesuatu yang sebenarnya tidak anda ketahui.

  1. Tanggapkan terhadap pertanyaan

Bila anda ditanya, jawabnlah langsung dan spontan. Jangan menjawab dengan berbelit-belit.

  1. Jangan kikir dengan pujian

Setiap orang suka mendapat pujian. Sampaikan pujian secara wajar pada saat yang tepat. Jangan memuji berlebihan, salah-salah akan dirasakan sebagai ejekan.

  1. Jadilah pendengar yang baik

Kunci utama dari komunikasi yang berhasil adalah mendengarkan dengan baik, yaitu dengan sungguh-sungguh dan penuh empati. Pandanglah lawan bicara anda dengan simpatik dan ramah. Jangan terlalu sering memandang ke arah lain atau mengerjakan sesuatu yang tidak perlu. Berikan komentar-komentar kecil yang relevan dengan pembicaaan.

(A. Soedrajat Martaamidjaja)