KIAT MEMOTIVASI DIRI

saat kita dihadapkan dengan pilihan untuk menjadi orang yang pesimis atau optimis, maka sesungguhnya kita sedang memutuskan sesuatu yang amat sangat besar, Kenapa? Karena satu dan dua alternatif yang dipilih itu akan menentukan Iangkah selanjutnya seorang anak manusia dalam berkarya. Artinya bahwa kita akan merasa termotivasi atau akan berada pada situasi dan kondisi yang stagnasi atau mungkin bahkan demotivasi.

Dipersimpangan seperti itu, angan-angan yang gamblang mengenai tujuan yang ingin dicapai, menjadi awal yang sangat berharga. Meskipun demikian, kreasi yang ingin dilakukan oleh seseorang bisa jadi tidak hanya sekedar angan-angan belaka. Sebab, untuk membuat diri dan kehidupan kita hidup, langkah nyata tidak bisa ditawar-tawar lagi.

Inovasi dapat dilakukan kalau motivasi sudah merambah dalam jiwa. Bak air mengalir, dia akan selalu berpindah, bergerak dan satu tempat ke tempat lainnya. Berikut ini beberapa kiat untuk membantu apa sebenarnya yang dapat kita lakukan.

 1. Ciptakan Visi

Langkah awal untuk membuat seseorang antusias berinovasi adalah memiliki visi. Visi harus dibentuk dan diciptakan. Visi yang sudah ditetapkan boleh saja dirubah, sesuai dengan situasi  dan kondisi, tapi jangan pernah kita berpikir kosong dan tidak memiliki visi.

  1. Jauhi Keinginan Bersenang-senang

Segera sadar bila kita berada dalam situasi bersenang-senang yang membuai, bergembira untuk melepas penat setelah kita seharian bekerja keras, jangan bersenang-senang terus. Kegembiraan diperlukan untuk membuat fisik dan mental kita rileks, sehingga tantangan berikutnya dapat dihadapi dengan lebih siap.

  1. Kembangkan terus tujuan

Tidak perlu kaget setelah mengetahui bahwa tujuan tidak tercapai. Hal ini  sesungguhnya disebabkan perumusan tujuan hidup yang dirumuskan sangat sederhana atau terlalu samar-samar. Jangan sekali-kali kita tidak memiliki kekuatan sebagai akibat tujuan yang dicanangkan tidak tercapai. Dalam kondisi demikian, kita harus berhasil menjelaskan bahwa apa yang belum dicapai itu bukan hasil dari kekuatan atau kemampuan kita. Dengan begitu, kita akan selalu merasa bahagia pada setiap langkah perjalanan karier atau hidup.

  1. Tinggalkan teman yang tidak perlu

Dalam memilih teman harus selektif, secara perlahan tinggalkan teman-teman yang memang tidak dapat mendorong kita mencapai tujuan hidup. Cari teman yang mampu menghadirkan perubahan. Teman yang penuh dukungan akan membuat kita selalu bahagia dan terangsang untuk mencapai sukses. Menjalani hidup bersama orang-orang yang optimis selalu membuat kita berfikir, berimajinasi dan berinovasi.

  1. Dekati rasa takut

Sisi lain rasa takut sebenarnya rasa aman dan keberuntungan. Pada saat kita mampu mengatasi rasa takut, pada saat itu pula kita berhasil meningkatkan keyakinan diri bahwa kita memiliki kemampuan untuk menjadi hidup lebih baik. Sebaliknya kalau kita selalu menghindar dari rasa takut, maka ketakutan akan terus mengejar. Langkah paling buruk yang dapat kita lakukan apabila perasaan takut muncul adalah memejamkan mata,

  1. Ucapkan selamat datang pada masalah

Jangan dipandang bahwa masalah adalah suatu kutukan, suatu yang menyulitkan . Justru harus kebalikannya, kita harus selalu siap akan munculnya sebuah masalah. Dan pada saat yang bersamaan kita sudah menyiapkan formula atau menyisakan energi penangkal masalah, sehingga motivasi akan tetap tinggi.

  1. Kembangkan permainan

Hikmah dan sebuah permainan selalu saja  saja ada yang lebih baik dari kita. Bila kita terpacu untuk mengalahkan seseorang, maka sesungguhnya kita sedang memanggil energi yang lebih kuat dari dalam diri kita,.

  1. Lakukan dengan cara konyol

Terkadang dalam melaksanakan tugas sehari-hari kita mengalami kebuntuan, kevakuman dalam berfikir, sehingga bila dipaksakanpun tidak akan memperoleh hasil yang baik. Kalau merasa seperti  itu, kita tidak termotivasi, padahal kita perlu melakukan aktivitas. Maka lakukanlah dengan hal-hal yang konyol, seperti cerita-cerita kartun atau lawak. Lalu nikmati setiap kegiatan pekerjaan yang kita kerjakan.

  1. Ciptakanperubahan sekecil apapun

Perubahan besar-besaran secara drastis, dalam satu pola kehidupan akan mengakibatkan timbulnya konflik atau bahkan perlawanan yang cukup serius, begitupun dalam jiwa kita. Karena itu perlu dilakukan secara perlahan. Dan yakinkan pula  bahwa perubahan sekecil apapun akan memberi makna.

  1. Curahkan seluruh kehidupan hari ini

Hari ini jadikan ujung tombak untuk menggapai harapan dimasa yang akan datang. Langkah tegar dan mempunyai kepercayaan diri yang tinggi merupakan modal awal, bahwa kita akan mampu menuai hasil. Karena itu optimalkan langkah kita dengan cara mencurahkan seluruh kemampuan yang kita miliki pada setiap kegiatan.